babad pulasari



YA, TUHAN, SEMOGA KAMI DALAM SELAMAT DAN DAPAT MENCAPAI TUJUAN
OM, A WIGHNAM ASTU NAMA SIDA

I.                   DURMA
1.      Alamat buruk datang mengerahkan penyakit, telah terasa dalam hati, sedikit rasa dalam hati, dari getaran kodrat, segala yang dilakukan menjadi kesusahan, adalah sebagai tambak pasir yang dihanyutkan air.
Durnimitan teka pingitan lara, wus tinaha eng ati, matra ing satria, saking penguncaning titah, sing linaksanan temah wisti yaya luwir tambak, heni keri ing warih.

2.      Tak dapat ditolak guruh pada bulan Nopember, bingung perasaan hati, tak dapat diharapkan, dengan apa digunakan untuk mengakhiri kedududkan, lebih baik mati daripada masih hidup.
Tan kena ingosadhan gunture-masa, kemengangan angraseng ati, tan kena pinalar, ndi nggening amriha, maka panyudaning wingit, leheng yen pejah, supadi ya kari urip.
3.      Rasa kasihan melihat anak dan cucu, yang berhubungan dengan karma buruk, tak dapat dibayangkan tentang tulisan batuknya kepala, bekal dari penjelmaan ini, baiklah menjadi korban karena Hukuman Tuhan.
Kangene mulate sutha, notraka, katungtuning duskretti, tan keneng umpama, munggwing batuking reka, prasista prakrteng dadi, pisan dadaha, saparan panendangning kawi.
4.      Entah berapa lamanya mengalami bahaya, mengharap-harapkan kasihanya Tuhan, sebagai burung tadah asih, pada waktu bulan mati, lama menderita sedih, senang kesana- kemari mencari sinarnya bulan.
Pira kuneng lawas sang anemu wighna, angayam sihning widhi, kaya tada harsa, pipadem nikang  sesongko, anget angelakenkingking, suka abayanan, amerih tejaning sasih.
5.      Lalu terkejut tiba-tiba melihat kepada anak datang, dari pengabdiannya, dengan hormat serta sopan santun, bertanya kepada ayahnya, “ ya, ayahku, merasa tak senang hatiku melihat ayah seperti berduka cita.
Dadi kagiat yan tumon ikung sutha, perapta wekasingabdi, sa dara mareka, mendek atakwaning bapa, aduh yayah ingsem singgih, kepwan manira, apindakadi awingit.
6.      Apa sebabnya ayah kelihatan separti pucat, ampunilah saya, sekiranya boleh, untuk memperingtkan ayah, semoga dapat, meskipun sedikit, untuk mengurangi duka cita ayah itu.”
Ndya nimita katon kadi asemang, duh kasamakena singgih yan pindaning wenang, santosakena bapa, udani anareki, bilih kasidan, matra sinudheng wingit.
7.       Ayahnya segera memeluk leher anaknya , “aduhai, anakku, yang kucintai, amatlah senang hatiku, bagaikan kejatuhan intan, karena pemberian nasehatmu, kepada ayah ini.
Siramanira agipih amekuli kanta, duh atmajan ingsun laki, tansipiakarsana, pangidep ingsun Tuhan, kadi kaguntaran manik, dera sung samada, lawan sinamareki.
8.      Berbahagialah mempunyai anak suka menanyakan kesusahan, yang diderita ayah, mengeti ayah sekarang, dimana dapat mencari seorang tua, yang senangnya begini, di seluruh daerah pegunungan dan lautan, tak akan didapatkan seperti anakku.
Palanin sutha wenang tumakwan duh kita, sesta rumanireki, ndia nggoning ameriha, kaya rama ningwang, rarahaning pasir ukir, nora manguha, kaya ta sira laki.





9.      Anakku, ayah tak mungkin menyembunyikan sesuatu, asal mulanya kesusahan ayah, penyakit kepadamu, adalah karena sayang kepada anak dan cucu, yang menjadi pemulaannya susah, karena amat tidak sayangnya Tuhan kepadaku, hingga menjadi begini.
Duh masku anakku, ramanta nora pingita, kelawan sira laki, wehning sihning manah, mulaning asungkawa, tan sipimedinging widhi, tibeng sairo, amanggih temah kayeki.
10.  Rasa sayang dan kasihan di daklam hatiku, melihat mereka, anak dan cucuku, kebetulan tidak ada kemurahan tuhan, “ lalu yang mendengarkan keterangan itu, membenarjkan dengan berkata, “ Ayah, usahakanlah, hiburkan itu dengan ajaran agama.
Kangeng tewas tumonta sira sedaya, katuwon kang sihning kawi, “ndan sangtinituran, anadhukara misarja, wehana wisudeng budhi, duh rasanana, salimureng akaraji.
11.  Bukan kerena saya lebih tahu, maka berani memberiakan peringatan, iaah nengggarami lautan maka izinkanlah saya, agar tidak berdosa, lihatlah cerita- cerita dahulu kala, bahwa Sanghyang Nilakanta pun mengalami susah.
Daran saking weruha anakira, apti apupungwaya, tuliya nasiking jeladi, tabe pwa manira,marna tan kacakrabawa,ton en tang carita nguni, hyang nilakanta, malar amanggih wisti.
12.  Sebenarnya tidaklah ada yang keadaannya selalu baik, sebab demikianlah sifatnya hidup sejak zaman dahulu, yang penungglannya suka dan duka, serta berakhir dengan mati, apabila kita manusia, tak mungkin bebas dari kesusahan.
Nenggeh tan hana swata nuluseng sarira, wetning sipatning dadi, prakrtining kuna, satmianing suka duhka, pati wekasaning dadi, manareng dadi wang,norana manggih wisti.

13.  Sebab anak telah dengar dahulu, benarlah kalau dipikir-pikirkan, bila diibarartkan dengan rodanya pedati, diputar menjadi bawah dan atas, berganti dibawah, tak usah disesalkan perbuatan itu.
Pan karenga de rakanira ring kuna, singgih yan rinoseng ati, yan winimbakena, kadi cakraning gilingan, pinuter temah sor luwih, gantiya kadahan tan wenang sumeseleng kreti.
14.  Izikanlah anak menyebut yang sudah almarhum, buyut kami dahulu, menemukan kemuliaan, yang disebut Gajah Mada, sangat mansyhur di dunia keutamaanya, dalam membantu Sri Maharaja.
Tabe pwa manira muncara sang sidha lepas, puyut ningluhun nguni, wus mangguh keswaryan, sangkadi liman mada, kajana pria ring bumi, kottamanira, ngemban sang mawabumi.
15.  Sejak beliau mengatur negara dan istana, sang Natha, benar- benarlah ditakuti dunia, seumpamanya Maharaja Budha, semuanya takluk dibawah kekuasaan nya, atas kebijakan Sang Maha Patih, mengatur negara, beliau kini telah bercampur dengan Tuhan.
Tembeyaning asrama wesmanira, sang Natha, wyakti katwaning bumi, lwir Sri Jina Natha, rep sepunpunpunanira, pragiwa Sang Maha Patih, mangkwa nagara, sang nifha umoring widhi.
16.   Demikian konon keperwiraan beliau pada jaman dahulu kini kembali dengan kata tadi, tentang roda pedati, sekarang sedang berputar kebawah, karena itu tidak usah disesalkan, karena sudah habis prakerti, terserah takdir Tuhan.
Mangka rakwa sucramanira, ring kuna, alwi uni, cakraninggilingan, mangkeya gantiya kadahan, marmaning tan yogja malih, uwus prakrtta, sara winingin widhi.




17.  Semua yang diinginkan harus digiatkan mengusahakan, kemidian tentu berpahala, tetapi hatus disesuaikan dengan tatacaranya, sang bijaksana, sampai pada anak cucu semua, dari sekarang lagi melaksanakaan harapan itu.
Sestining sista ija wenang dindrkakena, dlaha wastu amanggih anuteng sasana, sira Sang Maha Jana katengkeng santanan widhi, yaarepakena mangke kinkinen malih.
18.   Bila tuhan mengembalikan takdirnya, menghilangkan segala kesusahan, membinasakan trimeda,” yang dinasehati membenarkan, air mukanya girang, mendengar kata sejati.
Bilih ana pamakiling hyah atitah, rumateng wighna singggih, aksareng niditya, basmian ikang trimeda, sang tinuturan misinggih, binaring wedanaanggenga sabya yukti.
19.  Wahai anakku, engkaulah jiwku tak sedikit girang nasehatmu itu adalah sebagai aku mimpi, seumpama sudai sampai rasa bahagia hati ayahmu ini.
Duh masku anak atmajan ingsun Tuhan, tan pengan kersaneng ati, dera sng sedha, luwir karya ing sapwena, rasa wus anungkap luwih, padaning manah, sira ramanta laki.
20.  Bijaksana dan budiman, perwira dalam perang, ditakuti oleh musuh, serta tersohor darma paramartanya, ditaati oleh para resi, berbakti pada dewa, benar-benar sebagai sifat raja Singa.
Wicaksana budhi mantra prawireng rana, kajerihaning ari, lan kajana pria, parartha dharmasira, kina twangan sang parasi, bhakti ring Dewa, wyakti atinga krtti.
21.  Karena sifat Baginda demikian itu, meskipun sudah kaya tak henti-hentinya ingin bertambah lagi, sifatnya itulah yang membuat rakyatnya itu ketakutan, lupa dengan sesama,rangseng (gila) hanya sedikit ingat.
Pan asarira mangka sampuning suka, wyakti lan surud malih, kekaping raja kaya, mangka polaha rira, memaning wong kwin-wrin, lipyeng sesana, rangseng akedik meling.
22.  Sedan-sedan memeluk dan memcium kaki pangeran, aduhai Tuanku Pangeran, bunuhlah hambamu ini, hamba tak mempunyai budi, kini hamba, akan mengikuti kemana saja Tuanku pergi.
Segu-segu amekul nagara spada, pegat-pedat dema nanggis, aduh susuhunan, pejahen patik Bhatara, kawula tan duwe budhi, mangke menira, saparan aptiya mangirin.
23.  Agar tak bercerai dengan kaki tuanku pangeran, Sri Ciliputra lalu berkata, aduhai kaba-kaba, jangan berpikir begitu, kini permi ntaanku, asal tahankan setiamu padaku.
Maran tan kasah jeng Padhuka Bhatara, Sri Nrepa Temaja, angling aris kaba-kaba, ajata manah mangkana, nihan pamidiku ingiki, kawela draka, citha kelawan kami.
24.  Dianggkat sebagai patih sira De Lurah Kubakul, beliau yang amat hati-hati, sebagai dinding dada De Lurah Kubekung itu, ditakuti oleh rakyat, dalam lingkungan daerahnya, tenang diam, semuanya tak berani berkutik.
Maka pepatih sira De Lurah Kubakal, sira maka ati-ati, maka taweng wijang, De Lurang bekung ta sira, kinatwangan dening bumi, sawengkweng sira, rep diem prasana jerih.
25.  Memperhatikan dahulu, ketika datang kesemarapura wyaya, tak di elu-elukan akwa-akwa desa, yang berkuasa di Semara Jaya (Samprangan), bersifat congkak, angkatra murka, kena kutuk ia dahulu, semua keluarganya, jadi tukang keruk jamban.
Tonen uni duk prapteng Semara pura wijaya, tan tinurunan demekel desi, saking smara yaaya, dene darma dumuka, sinapa sira inguni, sakula gosta, juru duwuk pocabin.





26.  Memaksa menguasai merampok segala-galanya, hasil perbuatan jahil, disebut turunan penjamban, maka diceritakan lagi, dalem yang berdiri di Sweca pura bertambah mulia, karena guna dan kebijaksanaannya tingga.
Mamara mematu sawetek ipun mrajaya, palan ipun awegig, ngaran tereh pajamban, mangke mwah kawasita, langgeng Sri Aji siniwi,ring Sweca pura, embeh werya pura adi.
27.  Kemudian bila kamu menjadi kaya harta benda, semoga tak menjadi sesuatu, dan pendek umur, tetapi kalau kamu miskin semoga lama hidup, mangkana kita, terimalah karuniaku ini.
Wekas yan kamu katekaning sugih berana, watwa tan pari watswa eki, sira cendek yusa, angina yan kita nistura, wastu langgeng Sanghyang urip, mangkana kita, tarim pasungkwe ki.
28.  Apa sebabnya, karena dosamu amat besar, tak suka dengan pemberianku ini sebagai usahamu turun – temurun, demikian kata sudah berhubungan dengan Tuhan rohnya.
Ndi nimitani apan dosamu kaliwat, tan sudieng pasungkwe ki maka salanata katekeng prati. Sentana, wakya sang umoring Widhi, sang siddha lima.
29.   Adapun semua para Raja putra itu menangis, tak putus – putusnya sedih, menyesalkan dirinya, teringat dengan kutuk dewata, pun tak henti – hentinya menyesalkan perbuatannya sangat malang, hingga menjadi begini.
Kunang pwa sang nrepa tamaja sedaya, tan pegat asa anangis, kangeneng carita, wakya sang sidha dewata, tansah nesel pulakreti, Pamandu atemah kayeki.





30.    Seharusnya lebih hati – hatilah mengeluarkan kata – kata, kepandaian dalam Paman berbicara yang dahulu yang menurutkan hati, biasa tidak tepat perkataan itu, menurutku kebenaran dicela, rasakan pada karang – karangan Pujangga, Paman.
Yatna – yatna nga denta umujar, pragiawaken ireng niti, den ngiring manah, tan pati tepet angucap, rinengan tartha tinahi, ring pralapita’ lah rasanakena laki.
31.    Begitulah kata – katanya I Dewa Gde Sekar, sangat menusuk hati, tetapi yang jadi utusan, bukan main marahnya, dalam hatinya, segera dijawab oleh I Dewa Hyang Kangin, dengan tenang, wahai Paman maafkanlah, sabrkan hati.
Nahan lingira Ki Dewa Gede sekar, kras rasaning ati, ndan sira sang Duta, murub brahmaning twas, sumawur dewa hyang Kangin, ih aja Paman, den santosa ing budi.
32.    Karena keterlanjuran kata – katanya itu, janganlah menjadikan kesal hati Paman, maafkanlah, tetapi si utusan itu, telah gemetar dalam hatinya karena marahnya, tetapi karena menurut ajaran agama, disabarkanlah hatinya
Ingania kadulurung deniro jar, aja ta sokengati, nging sira kang Duta, getu – getugeng manah, anutaken aksaraji, pangucapeng twas, brahma kinubdeng ati.
33.    Kesabaran dan kebenaraan kesusilaan yang diturunkannya, begitu pendapat mereka, agar tidak menimbulkan sifat tercela, kuat menahan kesabaran hati, maka, maka tak antara lama berkatalah lagi, jadinya, bagaimana kehendak Pangeran sekarang?
Sadhuning manah yatutakena, gati tinarkening ati, ya wetu cinalan, geng kretti dumeh mawa, tana swe neher angling, singgih punapa, karsaning sang keki.


34.    Tetapi kalau ada daya upaya yang baik, sebagai akal kecerdasan, itu dahulu usahakan, sebagai ceritanya Baka (burung bangau yang loba), yang demikian, baik saudara – saudara Kyayi kemukakan, jangan hanya dalam hatinya saja.
Kunang yan ana naya winaya wisesa, maka pangindra warih, rimihintiningkah, atur kang baka carita, ya wenang arepana Kyayi, ndan Sri Narendra, samapun munggwing jero hati.

II.                SINOM
1.      Usakan dalam hati tuanku, agar ketamakan itu berkurang, sebagai halnya tuanku, tempat tipu daya, dan sifat kikir tidak bisa (dilaksanakan) harus memegang dharma seorang raja, seperti halnya lembu, apabila cukup makannya akan menimbulkan sayang, bersedia mengikuti, sekehendak yang akan dilaksanakan.
Utsana eng adnyana, kaangkara den mareni, yen radi sira ta rakyan, Catur naropa sandi, dana  beda tan mari, dwigama mangku kaprabhum, yaya aywa ning wrdsabda, yania pepek wangun asih, sidya tumut, sakarep kon lumaksama.
2.      Sekarang permohonan hamba, apabila ada sesuatu yang menyusahkan rakyat, jangan tidak memikirkannya, segeralah adili, sebab sangat beratlah mempertimbangkan baik buruknya lagi pula yang dihukum jangan tidak dihukum dan yang harus dihukum bunuh jangan dihidupkan.
tdurga wisti, dumarangeng ala ayu, kumang yen wenang dinanda, aja nora den dandanin, Yania wenang, pejah aja anguripa.   






3.      Yang demikian akan berpahala menyenangkan hati bagi negara, tapi tuanku samalah merasakan keadaan ini, tapi hendak menarik kecintaan rakyat, harus dengan kata-kata baik, jangan membanggakan kedudukan sebagai raja, berikanlah dana, hadiah bagi yang sudah dipercaya tuanku.
Yata rakwa apolah suka, citaning wang sanagari, sing nira dinya sama, ngraksanikang praja iki, kuneng yen metakensih, dulur ana sabda ayu, aywa ngegeng kagungan, unadaken pala bukti, nging yen sampun, inaden dera ta rakyan.
4.      Meskipun kekayaan tuanku habis, asal sudah rakyat sayang takkan tuanku kurang apa, bingung baginda dan berkata, kalau demikian oleh kita takan ada raja kaya, dan lagi telah miskin, apa dipergunakan menarik hatinya, dari pembicaraan tak ada penberian.
Yadikapin pasukane prasta, yen wus prajanira asih,  masa nira kurang paran, kemper Sri Aji nyawurin, yan mangka dera yayi, norana sang Ratu wibuh, tekwan yan sampun nistura, paran dewa andaningsih saking wuwus, pan ora nana sadana.
5.      Sembah Sri Tegal Besung, lihatlah rakyat, selalu hasil nyata yang diingini, tak hiraukan tatasusila, berkelahi dengan saudara bercersi dengan istri, berbuat curan gmenurutka hawa nafsu  jahat .
Lan tonen polahing jana, waya pala kang kinapti, wetiya rasikaning loka, sang sida kana pola kinapti, tan likening sesana yukti, atukar lan sanak ipun kedwa rebut kaliliran, ajijah adhin arabhi, angrurusuh, ngulurin buhi kuhaka.








6.      Dengan sangat memikirkan dalam hati, karena sama keduanya harus dihormati, yang sedang bertentangan dengan saudara, lalu berdatang sambil bersembah dan menangis, ya tuanku Raja, amat kasihan hamba mendengarkan perkataaan tuanku, tak usah diperpanjang lagi, karen ahukuman dari Tuhan, baik atau buruk, demikian halnya hidup menjadi orang.
Lewih kitenaning manah, pan pada sinuhun kalih,  atuker kelawan sanak, umadur saroroan tangis, singgih paduka Aji, enti welas manira ngrungu, aja dedawa mwah, panindhaning Sanghyang Widhi, ala ayu, sifat-sifat ing agesang.
7.      Memang tidak dapat terlepas, dari kodrat Hyang Yang Widi, apalagi tuanku, akan tidak mendadpat kesusahan, itulah ingatan, hamba bermaksud mennurut, baik buruk tuanku disini di dalam pakukuhan.
Winakti tan kena lineksan, sadum titahing Widhi, mandaning dadi pangeran, norana amanggih wisti, Hyng Indra nenggeh uni, malar umangguh pakeuh, yata tingetakena, kawula akti angiring ala ayu, iriki maring padukuhan.  
8.      Dan kalau diumpamakan, sebagai Sang Pendewa lagi, menyusup gunung hutan, berapa tahun lama sekali, beliau itu, mengalami kesusahan terus-menerus, karena hasil perbuatan, terima dengan senang hati, ya tuanku jangan lah berputus asa.
Mwah yen winimbakena, kadi sang Pandawengu uni anusupeng wana cala, pirang lek suwania nguni, sirata manggih wisti aywa ta tisang sungut, apang pangkreten kuna, wehana wisudeng ati, duh pakulun, aja wismtting adnyana. 





9.      Di sana ada perkebunan hamba, amat sunyi di barat daya, berisi tanaman bunga-bungaan, dibawah dari telaga suci, disanalah tuanku berdiam diri, jangan kawatir tuanku, atas penjagaan hamba, Sri Tarukan tersenyum manis, aku menurut, dimanapun ditempatkan.
Oyana nanggalan ingwang, asepi maring mariti, tinanunan sarwa sekar, ingosarikang telaga suci, irika sira alingggih, aywa sadeha pukulun, masa dewek kang kawula, sang kinanturan asmitaris ingsun tumut separa pintah kita.
10.  Orang pedesaan tak henti-hentinya berdaytangan, membawakan hasil, buah-buahan, karen asetanya bertuan, senang kepada yan gbaru lahir, pula Sri Tarukan itu, pandai menarik kasih, segala orang yang datang, dinasehati dengan ramah tamah dan kasih, makin setianya orang pedusunan tani.
Owng dhusun tan pegat perapta, ngaturaken pala bukti, poepting sih ipun atuhan, girang lan sang wau mijil, sira sri tarukan lagi, pragiwa angendaning lulus sehananing wong prapta, aneket somet luluh sih, yen mujug, prasama wong tangidesa.
11.  Begitulah pelajaran dari dahulu, ketika berada di perkebunan bunga, tidak lagi merasa susah, karena sudah percaya kesayangan mereka, lagi pula Sri Tarukan bijaksana menarik hati, terhadap kanglurah keadilan, sehingga ia tetap kasih sayang upami telur,  darah sekaligus dalam jmabangan.
Maka pangadijaya ing kuna, dukeneng sama sari, tan karia ngidep durgama, pan wus mandel biakta asih, kuneng sri tarukan maleh, prandyan nglus salianing tanu, lawan Anglurah Keadilan etuning andel biakta asih, yen upama, antiga sah sapulangan.





12.  Tak usah lagi diperpanjang, karena telah percaya dalamkehipan, cukup tentang makanan, karena kesetiaan orang yang dusun, semua bermaksud menyembunyikan perjalanan yang mengembara, karena tahu pada junjungan, tak akan mencari tuan lain, Sri Tarukan, tidak lagi merasa susuah.
Punapi malih panjangang, pan sampun, mandeling urip, prasidha bihujaning boga, drnaning wong dusun tani, pada aptia aningit lampah sang amurung laku, weruh sreng paluhunan, tanana apalih gusti, Sri Tarukan, tanasaa ngidep durgama.
13.  Tertarik hati utusan melihat para Raja putra itu demikian pula para Raja putra memperhatikan masing – masing tata susila orang – orang  berwibawa sebagai para menteri, sesuai dengan pakainnya yang indah, upacara bersih menarik, maklumlah bijaksana dalam ilmu peraturan siding
Kapengin sakweh ning mulat, wedana sang wawu perapti, sasolah swabawaatinon, raspati anandanag lewih, pantes adining Mantri, pacara asri dinulu, denia amawa cara, tatuhuning tameng Aji, tateng lungguh, sotaning sang wus tama.
14.   Para utusan bijaksana dalam tata, dan ahli pula sang Pangeran berbicara, semua telah sama dimaklumi yang hadir, nada dengan sopan utusan berbicara kepada Pangeran tertua Rajaputra, dimulai oleh Kryan Klapadiana, “ya, Tuanku Pangeran, atas titah Sri Baginda Dalem ing Linggarsa pura, adnya kami kemari ingin, berbicara kehadapan pangeran.
Sang Duta weruhing gita, cestrakara sanga pekik, prasama wus – wus telas tinonton, sapacara muwun aris, kene sang Jyesta mijil, duh dewa Pangeran ingsun, sadnya sang Sesuhunan, nimitang mangkeye prapti, adnya sang Hulun, mangke prapta awaraha.





15.  Ya tuanku Pangeran, beginilah maksud Sri Baginda yang sebenarnya, membuat kedamaian sungguh – sungguh, keselamatan  Pangeran ini kalau benar meurutku, ya perbanyaklah berbuat baik, terutama sebagai Pangeran seumpama angsa yang mengharapkan air, dengan jalan menjauhi mata air.
Singgih mangke kepadeyan, mangka Sri Sanghulun iki, angawe parartha dharma, karestia pakanireki, yan yogia wuwus singgih, ndah openen sung rahayu, pan kadi ta sira kunang, lwir Srawana yan inapti, ndata pantuk, aptia angdohinh partithan.
16.  Juga menurut nasihat orang – orang bijaksana, pikiran yang suci bersih, karena sudah termasyhur tidak diragukan kehendak baik, maka kesimpulannya Pangeran, janganlah menentang kepada nasehat/maksud Sri Baginda, sebenarnya Pangeran pandai, tidak menginginkan kejahatan, bulatkanlah pendapat, melaksanakan Dharma.
Sang sadu pwa wuwus ira, sudhu yukti, wetnia wus kajanapria, anagsayeng sadhu budhi, ah kanten ania singgih, aywa ta wiwaling wuwus tuhu pandita ta sira, narapti alapi towi, putusing kahyun, acarira dharma murtia.
17.  Tidak Pangeran karena takut, sebenaranya karena Pangeran kasih sayang, ketulusan hati Pangeran itu dilaksanakan, yang menyebabkan orang setia bakti menghilangkan kemarahan, itulah disebut “kukuh” yang dapat berlaku demikian, sesuai dengan yang dipuja seluruh Bali, itulah ikuti sebab menjadikan masyrakat sejahtera.
Tan saking wedi Pangeran, sawetnia inukteanasih, nebning budhi nutakena, sopana ana wijilsih, winaseng krodeng ati, yasa dera ngaran iku, sang siddha makam bekika, lan sang kasung – sungeng Bali, den tumutur, maka palang jagadita.




18.  Yang dikatakan “duhka Wiparita” / tetap setia dengan duka cita, asal setia kepada tanah air, tak urung mereka membalas dengan setia bakti, kalau kurang setia, berkehendak dengan akal jahat itu berbudi Ahengkara, disebut menentang ajaran Bijaksana, hancur binasa segala usaha, itu sama dengan sanghara kalpa (masa kiamat), tak urung hancur pada masa kiamat
Niang tang duka wiparita, kewala pagehing bumi, tan wun waksana siha, durwikeka temah singgih, ya geng angkareng budhi, winuwus wi kalpeng wiku, apes lekas sang kinaryan, yakalpa pada araneki, tan wun gempung, kalanikang musuh tekas.
19.  Janganlah Pangeran syok lagi dalam hati atau ragu – ragu, kalau Pangeran tetap menolak perintah Dalem, tak urung akan dihancurkan, karena itu turutilah Pangeran, pikirkan, jangan keras kepala, jangan sampai pikiran bercampur dengan akal jahat.
Aja ta sira pangeran, kari sinangsayeng ati, yan kadwa ta pakanira, amurung arsa Sri Aji, dadi atemah wisti, tan wun sira brasta gempung, idepakena tuhan, rasanana, aywa Cungking, denia samapun, timur dening dur wiweka.
20.  Sembah Lurah keempatnya, “janganlah Pangeran beraharap lekas mati, tetaplah tunggu bagaimana nanti, yang datang Prajurit Gelgel itu, asal kami masih hidup, kami suka menghadapi dalam pertempuran, biarpun gepeng tulang – tulangku dan berhujankan darah nantinya.
Sawurira pepatihan, punang Lurah Catur wiji, sampun ta sira Pangeran, arepa kudwa eng pati, istia tuhage prapti sanyateng Gelgel puniku, mosiknya manira dewa, rene umaguteng jurit, cacalwung, asirat awrsa swanita.





21.  Kita mengadakan peperangan hebat, jangan gentar dengan mati, kini maksud kami akan mendahuli menyerang,” lalu berkata apsariputra,” jangan begitu terdorong, Paman – pamanku, belum terlambat kita berusaha” banyak pula pembicaraan – pembicaraan mereka dan akhirnya keputusan yang telah diambilnya, untuk berperang.
Angadadakaken pranga dbhuta, aywa gagap tekang apti, amngkepa ti manira dewa, rumuhunaken metoni, ling atmaja apsari, aywa mangko, kadeluru, kewala tabeha mangko, nora kasepaha tangkis, keh yan wuwus, mangka payu alap kena.
22.  Akhirnya Sri Aji Bali bertanya kepada Patih yang biasa dalam bertimbang, Hai, Paman Pertandakan, bagaimana cara kita berbuat sekarang dalam hal ini, katakanlah padaku, untuk melaksanakan usaha berpahala keunggulan, mengembangkan dan memelihara yang berbuat baik untuk kesejahteraan masyarakarakat Negara.
Wekasan wijil andika, tinanye Patiling niti, toh kita Petandakan, paran tekang ulah teki, deningong angrasaning, yata pwa warahen ingsun, ngungsir yasa phala wjaya, mrediakena sehananin, wangun ayu, maka phalang jagadhita.
23.  Sebaiknya Paduka Tuanku mengambil jalan tenang, lihatlah masyarakat selingkungan pedesaan tani itu, itu pula harus diketahui nasibnya, sayang kalau dihancurkan, baiklah sebagai menangkap ikan dalam telaga, bunga teratai dan air telaga tenang dan jernih, dengan itulah yang disebut bijaksana.
Yogia Paduka Bhatara, ametana saking aris, tonenseh nikanang praja, sapradeseng dusun tani, yata pwa den kawruhi, eman geseng brasta gempung, kadiamet mineng telaga, Padma banyu karya resti, duh Pukulun, yeka pradnya ngaran ika.



24.  niang waning amriha, sahaya nitJalan untuk mengusahakannya, sahabat musuh itu, kasihi, beri apa yang baik diingininya, dengan itu tentu dapat bersatu dengan kita, begitulah dilakukan oleh yang bijaksana, tahu jalan – jalan untuk mengalahkan musuh, sangat banyak bila diceritakan, usaha untuk mengalahkan musuh, kalau hal asrama Sekar ini bukan musuh namanya.
Oniang awaning amriha, sahaya nitia asihi, wehana ta sameneka, tang duga nora sekapti, mangkan den sang wring gati, dera ta angdaning musuh, tangeh yan aturaken, polah met cidraning ari, kayaa iki, duran musuh ngaran kita.
25.  Bukan karena Paduka Tuanku takut berperang, tetapi sayang kepada rakyat banyak mati” sebab sebab sebagai Paduka Tuanku, berkedudukan Raja, bertanggung jawab dengan baik buruk bumi, kalau rusak Negara, Paduka Tuanku akan disesal, disebut uk padbodoh, begitulah akan sesalnya rakyat, sebab sebagai mendidik anak hal ini, kalau tidak diperbaiki tak urung rasa binasa.
Tan sakeng wedi Narendra, amaning kweh bala mati, pan kadi ta prameswara, ala hayu niikang bumi, yan ruganing negari, Sang Prabhu tininda punggung mangkatinindanging jana, lwir ingemban, rare iki, yan tan linungan, tan wung manggih yati brasta.
26.  Sebagai sang bijaksana Kreta Dharma, selalu berusaha membantu, dengan tidak melupakan kepahlawanan, misalnya denga catur naya sandhi, yaitu 4 usaha daya upaya yang tepat, dengan melaksanakan usaha  yang tenang, maka musuh itu sedikit, bukan kata gertak atau sorak yang diperlukan, hanya bijaksana, itu disebut berguna.
Yan kadi Sang Kreta Dharma, utsaha tan-skinanti, tangeh sinangguh ka wiran, lwirnia catur nayo sandhi, den amet saking aris, dana, beda, kang linuhung, pan musuh hina rasika, nora wak surak kangnerih, pradnyan iku, wruhing guna ngaranika.

27.  Adapun maksud dan isi surat itu adalah, “Aku sebagai Raja (bapaknya rakyat) bukan untuk membikin kematian, tetapi dengan berdasarkan para Martha (dharma), coba pikirkan baik – baik, maka aku menganggap anak – anakku semua sebagai anakku sendiri, lepaskanlah anak – anakku itu biarkan berpikir sendiri, tak wajib sebagai kamu memperkuatnya dengan senjata, jangan kamu bersifat bodoh itu, perhatikan sesama (kewajibanmu sebagai Raja).
Munggwing candia nikang roka, nora ngong wae pepatin, ginawea parartha dharma, duhrasakena lagi, sotaning suta tuwi, wakakena anak ingsun, tan yogia kadi kita, ngukuhake sira laki, aywa punggung, ulatakeneng sesana.
28.  Mendengar kata istrinya demikian, Anglurah, jadi amat senang, sebagai disadarkan, hingga berseri – seri gitu pulamukanya, sebab serasa akan meningkatkan utama, tersenyumlah Kryan menarik istrinya, “Wahai adinda, jiwaku, dimana akan kudapat istri yang sebagai adinda ini, yang ikut bersama menuju akhirat dengan jalan, pati brata (setia suami),
Mangkana sira Angkurah, entiasari kadi tinangi, wiakti binger ing wedana, pa kerasa nungkap lewih, mesem anambut rabhi, duh yayi jiwan ingsun, ndia nggoning amriha, diah aulah kayeki, den tumutur, sira mungsijen pati brata.
29.  Baiklah sebagai Pangeran semua memikirkan sedalam – dalamnya, jangan tetap berkeras kepala, surutkan kemarahan Pangeran turutlah berkehendak dalem sebenarnya tidak membahayakan jiwa Pangeran, beliau ingat dengan berputra keponakan pada Pangeran mohon maaflah Pangeran dan memeluk kaki Dalem.
Daweg rasanana kena, aywa tisayeng acungking, alapi gelengta mangko, iringeng arsa Bupati, twi tan agawea pepatin, mengeting asuta tuhu, ya yogia kadi kita, minta ksama kena singgih, sambia muhun, mekul jeng ira sang Natha.

30.  Karena sebagai Pangeran tahu bahwa berjunjungngan kepada Dalem ada di Bali rajia ini, tidak boleh berkehendak sendiri, segala perintah Dalem harus dituruti, turut pula kata hamba, sebab untuk keselamatan Pangeran, bila masih tetap bersifat marah, tak boleh tidak akan binasa, turutilah nasihat hamba.
Pan kadi ta sira dewa, siddha sotaning aniwi, umungguhing Bali rajia, tan wenangadrrwe budhi, sarwadnyana Sri Bupati, idepen manira masku, angawe kejagaditan, yan mangde, uyuneng ati, tanwun gempung, pisinggih atur manira.
31.  Semua para peladennya (hamba sahaya), turut berasa khawatir, apa sebabnya maka begitu, yang baru datang,terus mencium istrinya, serta tersenyum menarik istrinya, katanya, “aduhai adinda, jiwaku, serasa tak berhasil kesayangan kita kepada cucu kita (para raja putra), menjadi bodoh dan keras kepala, tak urung mereka akan binasa
Sakwehing para wongira, prasama milu ngeresiati, ndi parantagane reko, sang prapta teka ngareki, mesem anambut rabhi, duh yayi jiwitan, insun rasa tan ketambanan, sehira lan potrakaneki, wetu punggung tan wun temah yati brasta.
32.  Membubung debu ke udara yang menyebabkan kegelapan mata dalam menusukkan keris, lain dengan pedang parang memerang, sama prajurit gagah dan berani, tak meras takut, luka parah dalam mengabdikan diri terhadap Dalem.
Kumelebikang lebwa kadi katilaman aridwan selang keris, lian aperangeng pedang, bala sinama sura, yaya tana idep wisti, lwih kacurnan, apti pekayeng Aji.




33.  Dan bertebaran dengan hujan bunga, suara genti ribut diangkasa, kelihatan samar – samar melayangnya dewata yang mengelu elukan jiwa pahlawan mati dalam perang, menandakan  mencapai kemulian.
Sinawuran dening puspa warsa, genta umung eng langit, aton ngawang – ngawang, wateking apsara gana, pnungsung sang wira mati, aneng paperangan, biak ta aningkap lewih.
34.  Ya, sebagaimana jadinya kita menyerah atas hukuman yang harus kita derita, ataupun akan mati , karena dosa dari perbuatan kita, tersila kodratanya Tuhan ; yang lain berbicara, ya demikian saya pun akan ikut, karena telah berjanji sama – sama mati, tidak usah dipikir panjang lagi.
Separan panin daning titah, dadakena yadin atemah wasyanti, pan angemasin dosan ingsun, sara winanganing Dewa, waneh angling, ya pwa ika ingsun tumut, abasama poleng pejah, away dedawa malih.
35.  Tujuh kali penjelmaan kami akan tetap bersetia bakti tidak akan menjauhi Jeng Paduka Dalem, mengabdi kepada beliau dengan setia, terus – menerus sampai keturunan kami semua segala perintah kami junjung sepenuh hati biarpun kami ini yang sudah dianggapa membandel, mulai sekarang kami tidak akan menolak, segala perintah akaan kami kerjakan dengan penuh bakti.
Ping sapta ingsun anyadma, marman ingsun, tan kasha jeng Sri Bupati anyraka lan Sri mahulun, tumus katekeng wekas, sanenaka, yadian norakena ingsun, tan ana wiwah, cihnaning bakti aniwi.
36.  Jangan sangat menyesalkan perbuatanamu, nah sekarang mari kita mulai berbakti pada Dalem, hal itu adalah kodrat Tuhan semoga Dalem menganugrahi ampun tentang dosamu itu”, menyembah I Dewa sekar lagi, “Hamba menurut, Tuanku dan telah kami insyafi semuanya.
Aywata tibraning lara, lahta mangke daran malenin bakti, jengira Sri Maha Prbhu anata pamolikaning hyang, kasinampolih, Sang linangan awot santun, aneda patik Bhatara, wusinin pening jero ati.

37.  Itulah sebabnya teringat dalam hati orang, bahwa itu adalah bukti orang utama, dari Sang Apsari Sunu, dalam menjalankan keperwiraan berperang, mencapai surga wisnuloka dieluk – elukan oleh apsari – apsari hujan bunga oleh resi – resi diangkasa.
Etu gumenyeping manah, duh tahwa mangka, sasaning sarira lewih, tekaping Apsari sunu, lwih ngusir yaseng rana, nungkap lewih, Indra loka kang jinujur, sinungsung apsara gana, puspa warsa resing langit.
38.  Sekarang ketahuilah pula, Lurah Bangkiyang Sidem yang turut mati dalam peperangan itu pada muaranya guha, karena tulus setia bakti, tidak memungkiri kata – kata yang diucapkan sampai mengorbankan jiwa, tetap perwira dalam peperangan, patut dicontoh, oleh para Ksatria utama.
Mangke piweuh ana mwah, Lurah bangkiang sidem nguni, sang tumut pejaheng rana, ring mua giha uni, pantumus satieng a sih, norama mresa ring wuwus, sida maka bejayang jiwa, sudira puruseng juti, yogia tiru dera sang Ksatria Purusa.

III.             PANGKUR
1.      Sangat panjang disebutkan, seisi puri dalam menderita sedih sedih, jenazah sudah diusung, dimandikan dan dikapankan di balai kecil, indah berhias bagus, lengkap berupacarakan malam hari.
Ada wa yan katakena sajro puna ana hen lara pri hati, tanh laywan sampun ginusung, mentas wus rinuruban, ring made ngrawit, genep secara nia sampun tingkahing pekarungan, tan ketipmging dina latri.
2.      Selama layun dalam istana, diceritakan hari upacara kini, empat annugrah berkumpul bersama raja putra, terutama dihadapan Sri Aji itu, tak lain membicarakan, cara mengabenkan sang putri.
Saswane maring kurungan, nda tita prapta tang titiwa gelis, sira CaturLurah umum, kelawan Sang Nrepta Putra, minangkadi ta sira sanga hulun, tan weneh kegino caran, tekaning tileman prapti.
3.      Adapun sang catur anglurah, sangat bergirang idalam hati karena baktinya menjungjung, tidak menghitung kekayaan, kini telah mengerahkan rakyatnya dalam mengerjakan segala keperluan upacara pengabenanbersama-sama secara aktip.
Sira Sang Catur Anglurah, ati saya gerang sireng ati, wetning twangira ahulun, tan pang raseng raja brana, ndah mangkeki, bala inarahan sampun satingkahing atitiwa, prasana ajap angwiring. 
4.      Tak berapa lama antaranya, diceritakan setelah datang semua orang-orang pedhusunan tani, berduyun-duyun dengan perbekalan, dan dengan semuanya berkerja, dam mengahaturkan hasil pertaniannya masing seadanya, dengan demikian segera selasai segala upacara pelebon (pengabenan) telah tersedia dengan sempurna.
Pira kurang wasa nita, ndah tucapap praptening wong dusun tani, bumurung sakebekelenipun, girang anambut karya, ngatura saka lwir, ndah mangke biata wus puput, secaraning stitiwa, sampun wus Cuma dan sami. 
5.      Telah mendekat hari pelebon itu, bukan main di kota Sukadana itu, suaa gamelan bergemuruh, orang bergembira bersuka-sukaan, dalam melakukan upacara dengan tak kurang makan minumnya karena keadaan yang melimpah-limpah.
Meh prapta kang dewasa, tan sipi rumia ning karya Sri Aji, tetabahan gnia umung, agirang awijah-wijah, lan pepali, tan nguranin tangan kengum sarah wirja tang drewina, apan biuhning pala bukti.
6.      Jenazah telah diusung keluar, dinaikan keatas badeyang indah, bernama Padma-trawang , lalu segera berangkat menuju gunung, pada Pundak Bukit Mangu, jenazah diturunkan pada “petulangan” berbentuk gajah mina kini.
Kang lywan wus sinusungan, maring jaba, mungwing bade ngrawit padma trawang ngarangipun, ndah tamuli lumampah, nyujereng ukir, ring puncaking giri  Nangu, tinurunaken tan laywan, pamalungan nina asti. 
7.      Indah dan bersih kelihatan pembakaran jenazah itu, tinggi dan bertingkat tujuh yang baik, lengkap ulon dan upacaanya, dipuja oleh Dukuh Jati Tuhu, telah mengakhiri yoganya, dan keloping kelapa gading lalu segera dibakari jenazah Tuan Putri.
Aresi-katoning pamasmian, anginggila aundandag-undag saptadi, maulon pancima sampun, dukuh jati tuhu amuja, amralina, puput amrayogan sampun, kloping nyuh gading salupak, tandwa saksana binasmi.
8.      Serasa melayang-layang  Pitara makin jauh menuju timur laut dengan tenang, tak ayub segala yang melihat, tanda alamat baik bagi yang diupacara pada angkasa, maka setelah terbakar abu tulang diupacara penyucian lagi, lalu ditanam di puncak gunung.
Rasa mesal Hyang pitara, namu-namu, luo wetan asemu rimrim, kascariang kwehing andulu, tekat supa nimita, ing awi ati, mangke wus
gineseng sampun, arunng wus pinrasting ta, pinendem puncaking giri.   
9.      Setelah sempurna dengan upacara “pelebon” tentu segera menggaib atmanya ke alam surga, maka segala tamu-tamu permisi menuju rumahnya masing-masing, tersebutlah Sri Aji, masih dalam keadaan rindu, teringat pada yang tengah hilang, masih lama tak terlupkan, demikian keadaan terdahulu.
Biakta wus pari purna, tang titiwa, sidha siniksma ring rawit, ta kawan sang midara mantuk, angungsi kuwunia soang, kawarna malih, semu manga sangahulun, sang peja paraning manah, mangka kalingania nguni.









IV SEMARADANA
1.      Lihatlah saya ibu bapa, sangat tidak sayangmu kepada anak, apakah kesalahanku? Senang ayah berdua dengan ibu meninggalkan, kalau memeng tak suka beranak, dahulu siapa yang menyuruh ibu dikawini ayah.
Tinglana ibu Aji, lalu tan sihing atmaja aparan luputan ingon suka akaron tininggal, subanan tan menak atmaja uni sipap mekon ibu, rumajama nira bapa.
2.      Lama saya mengalami duka cita, lihatlah hamba sejenak, payah hamba menanti kedatangan ayah, ibu, berapa tahun sudah lamanya ini, juga beljum ayah, ibu datang bagaimana kiranya senangnya hati ayah dan bunda.
Lana anandang prihati, tingal manira kemantian, ngel manira angayap, praptaa nira pangeran pira kunang lawas ika, molar nora sira rawuh, ndirakwa manaking manah.
3.      Lebih baik hamba mati, untuk apa hamba hidup menemui kesengsaraan, payah mengharap-harap angin, hidupku sama dengan mati, siapa orang suka dengan hamba, menerima orang seperti hamba begini.
Leheng angemasana wasianti, ginawe noran agesang, umanggih papa kelahron, angengkak angajap tawang urip sama lawan pejah, siapa sudia tekeng hulun, muponin kaya manira.







Makna yang terkandung dalam babad Pulasari

·         Seorang pemimpin yang menghawatirkan nasib rakyatnya kelak
·         Seorang anak yang bernakti kepada orang tuanya
·         Orang hidup itu tidak dapat lepas dari cobaan Tuhan
·         Hidup itu bagaikan roda yang berputar, bahwa kehidupan kadang dibawah dan kadang diatas
·         Perbuatan yang telah dilakukan apabila salah tidak usah disesali, sebaiknya diambil hikahnya dan kalau bisa diperbaiki
·         Seorang pemimpin tidak hanya bersekap bijaksana tetapi juga senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan
·         Segala sesuatu yang terjadi telah di takdirkan oleh Tuhan, maka janganlah berpitus asa
·         Segala sesuatu yang diinginkan sebaiknya diusahakan dengan sungguh-sungguh tapi dengan tatacara yang baik agar hasilnya baik juga
·         Menjadi seorang pemimpin sebaiknya meninggalkan sifat ang buruk, agar segala perintahnya dilaksanakan oleh bawahanya dengan senang hati
·         Sebagai raja hendaknya bersikap adil
·         Sebagai raja hendaknya dermawan kepada rakyatnya, agar rakyat tersebut bisa hidup makmur
·         Seorang raja hendaknya bertatasusila baik dan menghilangkan nafsu jahat
·         Seorang prajurit yang setia kepada rajanya
·         Seorang pemimpin yang bersifat congkak dan angkara murka akan mendapat balasan/ kutukan dari Tuhan
·         Tata cara upacara ngaben:
1.      Dimandikan
2.      Dikafankan
3.      Jenazah diusung keluar
4.      Jenazah dibakar
5.      Lengkap dengan ulon dan  upacaranya
6.      Keloing kelapa gading dibakar dengan jenazah
7.      Setelah terbakar abu tulang diupacarakan penyucian lagi
8.      Lalu ditanam di puncak gunung
9.      Setelah upacara selesai maka arwah melayang menuju surga.
·         Seharusnya kita sebagai manusia harus bersyukur pada karunia yang sudah diberi, bagi orang mempunyai harta benda yang lebih hendaklah tidak salah gunakan hingga mencelakakan diri sendiri – Nilai Sosial.
·         Manusia hendaknya  bersyukur atas segala yang diberi Tuhannya, jika kita tidak maka dosa besar – Nilai Ketuhanan.
·         Memang penyesalan datang disaat akhir, namun kita sebagia manusia seharusnya tidak menangisi perbuatan yang sudah kita lakukan di masa lampau.
·         Sebagai pemimpin suatu negara seharusnya memang menjaga kewibawaan dan kebijaksanaan – Nilai Kepemimpinan.
·         Selain bijaksana, seorang penguasa, juga harus mempunyai tata karma yang sopan – Nilai Kepemimpinan dan Moral.
·         Jika ingin memberikan kedamaian dan keselamatan bagi dirinya sendiri maka kita harus berbuat baik – Nilai Moral.
·         Seseorang yang mempunyai pikiran yang suci dan bersih pasti akan menjadi orang yang baik – Nilai Moral.
·         Seorang pemimpin yang mempunyai sifat kasih sayang, ketulusan hati akan menghilangkan rasa kemarahan rakyatnya. Sebaliknya mereka akan setia kepada pemimpinnya dan itulah yang membuat rakyat menjadi sejahtera – Nilai Kepemimpinan.
·         Kita sebagai rakyat, harusnya cinta dan setia pada tanah air kita sendiri. Karena jika tidak, maka akan hancur sebuah negara – Nilai Nasionalisme.
·         Jika kita mempunyai pilihan yang sulit, pikirkan lah dengan baik dan jernih. Jangan sampai egois dan berpikir yang tidak baik – Nilai Moral.
·         Sebagai manusia harusnya berhati – hati dalam berbicara, karena jika tidak, sesuatu hal yang baik bisa dianggap buruk karena asal bicara – Nilai Moral.
·         Seburuk apapun perkataan orang pada kita, harusnya kita sabar dan tidak terpancing emosi – Nilai Moral.
·         Menahan emosi dan sabar adalah hal yang terbaik yang bisa dilakukan ketika kita mendapatkan suatu hal yang buruk – Nilai Moral.
·         Kesabaran, kebenaran hati adalah hal – hal yang menjauhkan kita dari hal – hal yang tercela – Nilai Moral.
·         Seorang parajurit seharusnya daya juang yang tinggi untuk membela bangsanya – Nilai Nasionalime.
·         Kita harus rela mati untuk membela bangsa kita sendiri dalam perang – Nilai Nasionalisme.
·         Seorang Pemimpin wajib berdiskusi tentang bagaimana cara mensejahterakkan rakyat. – Nilai Kepemimpinan.
·         Sebuah peperangan tidak selalu berdampak baik untuk bangsanya, namun juga merugikan, khusunya bagi masyarakat pedesaan yang tidk tahu apa – apa. Sebagai pemimpin seharusnya bisa memilih keputusan yang bijaksana – Nilai Kepemimpinan.
·         Pemimpin harus cerdik dan punya strategi agar bisa melindungi rakyatnya karena pasti ada jalan menyelesaikan masalah tanpa adanya perang, yaitu dengan jalur damai – Nilai Kepempinan.
·         Sebuah kebaikan hendaknya tidak di dalam hati saja, tapi wujudkanlah dengan perbuatan – Nilai Moral.
·         Pemimpin adalah orang yang bertanggung jawab atas semua yang berdampak buruk pada rakyat, maka pemimpin harus bertindak dengan hati – hati – Nilai kepemimpinan.
·         Ketika kita menghadapi orang yang membenci atau membuat marah kita, bukan emosi dan gertakan yang diperlukan namun kebijaksanaan – Nilai Moral.
·         Berpikirlah matang – matang sebelum bertindak itulah yang harus dilalukan oleh seorang pemimpin, agar nantinya tidak merugikan rakyat – Nilai Kepemimpinan.
·         Seorang istri wajib setia pada suaminya, begitu pula sebaliknya – Nilai Kekeluargaan.
·         Tidak keras kepala serta mau mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah perilaku yang baik – Nilai Moral.
·         Kita harus mau mendengarkan nasihat orangtua untuk kebaikan kita sendiri – Nilai Moral.
·         Orang tua wajib menyayangi dan mendidik anak – anak mereka, karena jika nantinya mereka tumbuh menjadi pribadi yang buruk, keras kepala maka mereka akan susah nantinya – Nilai Kekeluargaan.
·         Nasionalisme seorang pejuang yang tidak takut mati untuk membela bangsanya sendiri – Nilai Nasionalisme / Patriotisme.
·         Seorang pahlawan yang rela mati demi membela bangsanya akan mendapatkan kemuliaan nantinya – Nilai Patriotisme.
·         Dosa / perbuatan yang buruk nantinya pasti akan dibalas di akhirat nanti. Maka dari itu berhati – hatilah dalam bertindak – Nilai Moral.
·         Kita harus setia kepada pemimpin kita sampai kapan pun dn tidak akan berkhianat – Nilai Nasionalisme (kesetiaan).
·         Ketika kita membuat kesalahan, janganlah terus – terusan menyesalinya, tapi insyaflah dan minta ampun pada Tuhan Yang Maha Esa – Nilai Ketuhanan.
·         Seorang pahlawan yang rela mati demi bangsanya memang pantas mendapatkan kemuliaan – Nilai Patriotisme/ Nasionalisme.
·         Sesorang yang tulus, setia, mengorbankan jiwa dan tetap perwira adalah orang yang patut dicontoh oleh para Ksatria – Nilai Patriotisme.



Babad pulasari di alih aksara dan alih bahasa oleh Ida Bagus Gde Budharta Ba

Babad pulasari terdiri dari
1.      Pupuh durma: 473
2.      Pupuh sinom: 229
3.      Pupuh pangkur: 90
4.      Semaradana: 20
Keseluruhannya berjumlah 1132 pupuh

kapetik saka: makalah kelompok matkul Sejarah Sastra Jawa


Comments

Popular posts from this blog

pranatacara adicara sedekah bumi

Pranatacara sarasehan budaya

Rumah Tradisional